unichip
unichip

Penggunaan alat penambah performa saat ini tidak hanya untuk mobil balap, tetapi untuk mobil harian juga bisa. Lalu apa hasilnya?

Jika diaplikasikan dalam dunia balap, piranti seperti Piggyback ini memang ditujukan untuk menambah performa mobil. Hasil yang bisa dirasakan adalah meningkatnya tenaga menjadi lebih dari 50 hp. Data tersebut tentunya dapat berbeda-beda karena berbekal dengan settingan yang diterapkan untuk masing-masing mesin mobil. Namun pada dasarnya, pengaplikasian Piggyback tersebut memang menjadi alternatif bagi tuner atau pemilik kendaraan.

Lalu bagaimana jika Piggyback diaplikasikan pada kendaraan yang dipakai harian? Jawabnya adalah bisa. Yup, pengaplikasian tersebut tidak tertutup hanya untuk mobil balap saja, bagi mereka yang menginginkan peningkatan performa secara ‘instan’ bisa memasang piranti pintar ini. Lalu apa si sebenarnya fungsi dari Piggyback ini? fungsinya adalah untuk memanipulasi data yang ada dalam ECU (Electronic Control Unit) sehingga data yang masuk tersebut akan sesuai dengan keinginan kita.

Adapun cara kerja alat ini adalah mendeteksi sinyal yang ditransfer dari ECU, kemudian dia akan memanipulasikan sinyal tersebut dan akan mentrasnfernya kembali ke mesin. Selain menambah performa kendaraan, alat ini juga bisa berfungsi sebagai pengirit bahan bakar. Sehingga apabila diaplikasikan untuk mobil yang digunakan harian, piranti tersebut tentunya bermanfaat juga. Bahkan, ada salah satu fungsi dari Piggyback ini adalah untuk menyeting ulang mesin pembakaran pada mobil. Hal ini bertujuan untuk memanipulasi oktan bahan bakar.

Sebagai contoh, sebuah mesin membutuhkan oktan tinggi untuk pembakaran, tapi dengan melakukan settingan pada Piggyback, maka meskipun mesin tersebut menggunakan oktan lebih rendah tetap memiliki performa yang sama dengan bahan bakar beroktan tinggi. Semakin berkembangnya inovasi yang dilakukan, kini tidak hanya mesin bensin yang bisa memasang Piggyback ini, melainkan juga telah tersedia untuk mesin diesel. Namun dengan catatan, mesin diesel tersebut sudah tersinkron dengan komputer.

Biasanya, penggunaan Piggyback di dunia balap, bisa dapat ditemui dalam beberapa cabang balap, seperti touring di ISSOM, drag race, drift, maupun sprint rally sekalipun.

Berdasarkan ragam produk, Piggyback biasanya tersedia dengan diantaranya adalah Dastek Unichip, HKS Unichip, G-Reddy, dan A’PEXi. Dari keempat produk tersebut, terdapat perbedaan dan manfaat yang berbeda dalam pengaplikasiannya.

Dastek Unichip
Produk yang terbaru dari Dastek adalah Unichip Q4. Sedangkan bicara fitur, Dastek memiliki fitur lumayan lengkap yang meliputi konsumsi bahan bakar, Throttle Module, pengontrol boost, dan lamanya waktu pengapian.

HKS
Berbeda dari Dastek Unichip, HKS ini memiliki kualitas yang lebih baik. Ini dikarenakan fitur yang ditawarkan mendapat tambahan seperti rev limiter, dan pengontrol turbo boost. Piranti ini sangat cocok untuk mesin yang sudah mengusung turbocharged.

G-Reddy
Untuk produk yang satu ini memiliki banyak varian. Sebut saja untuk penggunaan harian, semi pro, hingga untuk mesin berperforma tinggi yang didedikasikan untuk balap juga bisa mengaplikasikan piranti ini.

A’PEXi
Produk yang satu ini juga memiliki keistimewaan dibandingkan dengan piranti yang lain. A’PEXi dikhususkan mesin pintar seperti VVT-I dari Toyota, VTEC milik Honda, serta EcoBoost milik Ford.